Senin, 06 Juni 2011

SALIARA (Lantana camara LINN.)

Botani
Sinonim : Lantana aculeata L..



Klasifikasi
Kingdom:Plantae (Tumbuhan)
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Verbenaceae
Genus: Lantana
Spesies: Lantana camara LINN


Nama
Umum/Dagang : kembang telek, tembelekan.
Sunda : saliara

Deskripsi
Herba batang berbulu dan berduri serta berukuran lebih kurang 2 m. Daunnya kasar, beraroma dan berukuran panjang beberapa sentimeter dengan bagian tepi daun yang bergerigi. Bercabang banyak, ranting bentuk segi empat, ada varietas berduri dan ada varietas yang tidak berduri. Daun tunggal, duduk berhadapan bentuk bulat telur ujung meruncing pinggir bergerigi tulang daun menyirip, permukaan atas berambut banyak terasa kasar dengan perabaan permukaan bawah berambut jarang. Bunga dalam rangkaian yang bersifat rasemos mempunyai warna putih, merah muda, jingga kuning, dsb. Buah seperti buah buni berwarna hitam mengkilap bila sudah matang.

Distribusi/Penyebaran : Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini bisa ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1.700 m dpl.

Habitat : Ditemukan pada tempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau agak ternaung.Terdapat sampai 1.700 m dpl., di tempat panas, banyak dipakai sebagai tanaman pagar.

Perbanyakan : Dengan cara generatif melalui biji atau stek batang.

Manfaat tumbuhan : Daun dan bunga berpotensi untuk dijadikan sebagai insektisida nabati karena mengandung lantadene A, lantadene B, lantanolic acid, lantic acid, humule (mengandung minyak asiri), b- caryophyllene, g-terpidene, a -pinene dan r-cymene.

Manfaat tumbuhan : Dalam keadaan darurat buah lantana camara yang telah masak dan berwarna hitam dapat dijadikan makanan, berasa manis dan sangat nikmat untuk makanan sambil jalan.